Resep: Nikmat Timphan Labu kuning

Resep Pilihan Terjamin dari Aneka Buah dan Sayuran yang Lezat.

Timphan Labu kuning. Labu kuning, dalam bahasa Gayo disebut petukel. Labu jenis ini sesungguhnya bisa digunakan untuk berbagai bahan pangan. Salah satu bahan pangan yang bisa.

Timphan Labu kuning Kue timpan berbahan dasar labu kuning kukus yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung ketan. Campuran tersebut diuleni dan dibuat pipih. Kue timpan termasuk ke dalam jenis kue basah yang berbahan dasar ketan dan pisang raja. Anda dapat masak Timphan Labu kuning mengunakan 11 Bahan dan 9 langkah-langkah. Ini adalah cara yang saya pilih untuk menggunakan resep .

Bahan-bahan Timphan Labu kuning

  1. Siapkan 500 gr beberapa labu kuning (sebelum dikupas).
  2. Anda membutuhkan 500 gr beberapa tepung ketan.
  3. Siapkan 1 sdt beberapa garam.
  4. Anda membutuhkan 3 tangkai beberapa daun pisang muda (pucuk pisang).
  5. Anda membutuhkan beberapa Minyak goreng untuk olesan.
  6. Siapkan beberapa Bahan unti kelapa:.
  7. Perlu 2 buah beberapa kelapa, parut (yang belum tua).
  8. Perlu 2 lembar beberapa daun pandan, simpulkan.
  9. Siapkan 1 sdt beberapa garam.
  10. Perlu 600 gr beberapa gula pasir.
  11. Siapkan 5 sdm beberapa air.

Cara Membuat Kue Timpan Labu Yang Enak: Isi: Campur semua bahan isi, aduk rata. Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga adonan mengental. Labu kuning harus diolah terlebih dahulu. Banyak orang yang mengolah labu kuning dengan cara direbus, dikukus atau dibuat kolak.

Timphan Labu kuning Proses Memasak

  1. Kupas labu kuning dan potong-potong, kemudian rebus selama 15 menit/sampai lembut (jangan terlalu lama merebus karena akan lengket saat diuleni) kemudian dinginkan.
  2. Sambil menunggu labu matang, siapkan daun pisang. potong daun pisang seukuran telapak tangan lebih sedikit, potong ujung-ujungnya agar tidak menggulung.
  3. Unti kelapa: panaskan wajan menggunakan api kecil, masukkan 1 sendok sayur gula, kemudian aduk-aduk hingga menjadi karamel. Masukkan air agar karamel tidak mengeras, tambahkan kelapa parut, garam, daun pandan dan sisa gula secara bertahap, aduk sampai tercampur rata sampai airnya kering dan kelapa berwarna merah, koreksi rasa, matikan api dan sisihkan.
  4. Haluskan labu yang sudah dingin menggunakan gelas sampai semuanya menjadi halus, tambahkan garam dan tepung sedikit demi sedikit kemudian uleni sampai kalis (kalau tepung kurang boleh ditambah begitu pula sebaliknya).
  5. Ambil selembar daun pisang (bagian belakang yang lebih pudar), oleskan minyak dan bulatkan kecil adonan kemudian pipihkan sampai tipis dan beri unti kelapa.
  6. Lipat daun pisang dan satukan adonan sampai berbentuk pastel. Kemudian rapikan adonan dan gulung daun pisang.
  7. Lipat ke belakang kedua ujungnya dan susun dalam panci pengukus yang sudah diberi air.
  8. Kukus timphan selama +/- 20 menit, sampai daun menjadi layu dan timphan matang.
  9. Setelah matang tunggu timphan dingin, lap dengan tisu atau serbet agar tidak terlalu berminyak, potong ujung-ujung daun agar rapi dan siap disajikan.

Padahal ada beragam olahan lain dari labu yang bisa kamu bikin. #sandrairani #timpansrikayaaceh #olahanlabukuning TIMPAN LABU ACEH Video ini memberikan indormasi tentang resep timpan labu aceh serta cara memvuat timpan. Silahkan haluskan labu kuning selagi masih panas dan gunakan ulekan atau mesin blender untuk memudahkan anda menghaluskan sajian ini. Manfaat labu kuning lainnya adalah merawat kecantikan kulit. Labu kuning kaya akan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat. Labu kuning atau yang dikenal dengan waluh merupakan salah satu jenis famili Cucurbitaceae atau suku labu-labuan.